Judul program pemanfaatan kulit semangka sebagai teh herbal bidang kegiatan



Yüklə 64,46 Kb.
tarix07.01.2017
ölçüsü64,46 Kb.
#4784
http://img.okeinfo.net/content/2013/09/25/563/871420/nbsqyjrodw.jpg

USULAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM

PEMANFAATAN KULIT SEMANGKA SEBAGAI TEH HERBAL
BIDANG KEGIATAN:

PKM KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh:


Ulvah Susanti : 2601414021/2014

Kurrota Aini Putri : 2601414028/2014



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

SEMARANG

2015

HALAMAN PENGESAHAAN

1. Judul Kegiatan :PEMANFAATAN KULIT SEMANGKA SEBAGAI TEH HERBAL

2. Bidang Kegiatan : PKM-K

3. Ketua Pelaksana Kegiatan

a.Nama Lengkap : Ulvah Susanti

b.NIM :2601414021

c.Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

d.Universitas : Universitas Negeri Semarang

e.Alamat Rumah dan No Tel./HP : Karangkemiri RT04/RW04. Kec.Wanadadi.

Kab.Banjarnegara

f. Alamat email : ulvahsusanti@yahoo.co.id

4. Anggota Pelaksana Kegiatan: : 3 orang

5. Dosen Pendamping

a. Nama Lengkap dan Gelar :MUJIMIN, S.Pd

b. NIDN : 0027097206

c. Alamat Rumah dan No Tel./HP : JL. SEUDATI III/ 21 P4A PUDAKPAYUNG / 024 7479480/08122808093

6. Biaya Kegiatan Total

a. Dikti : Rp. 10.000.000,00

7. Jangka Waktu Pelaksanaan :3 Bulan
Semarang,28 September 2014

Menyetujui :

Ketua Jurusan

Bahasa dan Sastra Jawa Ketua Pelaksana


(Yusro Edi Nugroho,S.S,M.Hum) (ULVAH SUSANTI)

NIP 196512251994021001 NIM 2601414021


Pembantu Rektor

Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping

(Prof. Dr. Masrukhi, M.Hum) (…………………..)


BAB1

PENDAHULUAN


1.1 Latar belakang

Dalam kehidupan sehari-hari sebagian orang mengkonsumsi semangka hanyalah daging buahnya saja. Memang daging buah dari semangka memiliki kesegaran yang sangat luar biasa karena kaya akan air mineral alami yang mampu menghilangkan dahaga dan mengatasi dehidrasi. Setelah mengkonsumsi bagian daging buahnya sering kita abaikan dan berakhir di tempat sampah, padahal sebenarnya ada khasiat yang terkandung di dalamnya.Bagian daging buah memang menjadi bagian utama yang dikonsumsi, namun jangan salah bagian kulit yang menjaga daging justru memiliki khasiat yang tidak bisa diremehkan.

Salah satu manfaat dari kulit semangka adalah sebagai kecantikan kulit karena kulit semangka mengandung likopen yang beguna untuk menjadi perawatan kulit yang berjerawat.Likopen merupakan sejenis antioksidan yang juga terdapat pada manfaat buah jeruk, yang mampu memberikan perawatan terhadap sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obat herbal.Kandungan alami manfaat kulit semangka seperti kalium ini ditemui dengan kadar yang cukup tinggi yang memberikan manfaat untuk memperlancar aliran darah sehingga menghindarkan dari masalah kardiovaskuler seperti gejala penyakit jantung.

Pada umumnya buah semangka hanya dikonsumsi pada bagian daging yang berwarna mencolok saja (misalnya merah, merah muda, dan kuning) , sedangkan pada bagian lapisan putih kurang diminati masyarakat untuk dikonsumsi dan hanya dibuang menjadi limbah yang kurang dimanfaatkan. Padahal tidak hanya pada bagian daging yang berwarna mencolok saja, bagian lapisan putih kulit semangka pun mempunyai kandungan yang dibutuhkan dalam tubuh.Pemanfaatan lapisan putih buah semangka saat ini tergolong masih kurang maksimal.Lapisan putih buah semangka ini sebenarnya banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan, salah satunya zat tersebut yaitu Likopen dan Sitrulin.Likopen merupakanzat pigmen yang memberikan warna merah kekuningan pada buah dan sayuran, termasuk pada semangka.salah satu zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Kulit semangka walaupun tidak semanis dan serenyah daging semangka, kulit semangka juga masih mengandung sejumlah gizi yang berharga bagi tubuh. Sepotong kulit semangka berukuran 2,5 cm x 2,5 cm diketahui mengandung sekitar 1,8 kalori. Selain itu, walaupun kandungan nutrisi makro dalam kulit semangka tidak sebanyak dalam daging buahnya, namun satu cangkir porsi kulit semangka dapat memberikan sekitar 2% dari kebutuhan vitamin C harian serta 1% dari kebutuhan vitamin B6 harian.


    1. Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam program ini adalah :

  1. Bagaimanakah proses pembuatan teh herbal dari kulit semangka yang menyehatkan dan bergizi ?

  2. Mengetahui apakah teh herbal kulit semngka dapat menjadi alternatif minuman yang menyehatkan dan bergizi ?

  3. Mengetahui bagaimana keunggulan teh herbalkulit semangka di banding minuman lain ( teh ) dalam kaitannya dengan bidang kesehatan ?

  4. Mengetahui bagaimana prospek teh herbal kulit semangka dalam mendongkrak pasar lokal untuk mendapatkan profit bagi masayrakat dengan alternatif usaha menggunakan bahan yang tidak terpakai?

    1. TUJUAN

Tujuan dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan ini adalah :

  1. Meningkatkan dan menumbuhkan motivasi kreativitas mahasiswa dalam upaya menciptakan bahan pangan yang menyehatkan.

  2. Sebagaialternatif pembuatan minuman dengan menggunakan bahan yang sederhana, mudah di dapat, serta terjangkau, namun mengandung manfaat yang tinggi dan menyehatkan.

  3. Mengetahui bagaiman cara dan proses dalam pembuatanteh herbal dari kulit semangka yang menyehatkan dan bergizi.

  4. Menumbuhkan kembangkan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk mendorong terciptanya wirausaha baru dengan menerapkan IPTEK.

    1. Luaran yang diharapkan

Luaran yang dihasilkan adalah terealisasinya program kewirausaan ini diharapkan nantinya akan menghasilkan sebuah produk baru yang dapat menjadi solusi alternatif minuman seperti teh herbal dari kulit semangka yang menyehatkan bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit bagi konsumen. Selain itu melalui program kewirausaan ini diharapkan akan terbuka lapangan pekerjaan terutama bagi mahasiswa melatih jiwa kewirausahaan sebagai bekal untuk membangun masyarakat.Serta dapat membantu tersedianya produk cemilan sehat, bergizi, murah, unik, dan yang terpentingprogram ini akan memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah.

1.5 Kegunaan

Kegiatan ini memiliki kegunaan yang baik diantaranya :

1. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.

2. Kegiatan ini melatih kemampuan bekerja sama di dalam tim.

3. Dapat meningkatkan manajemen waktu dan uang mahasiswa.

4. Sebagai sarana pembelajaran serta dapat menjadi bahan acuan dalam membuat program kreatfitas mahasiswa bidang kewirausahaan.



BAB 2

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

    1. Proyek Pengolahan Limbah Kulit Semangka Menjadi Teh herbal yang Menyehatkan

Kebutuhan akan masyarakat dengan bahan pangan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia khususnya.Hal inilah yang mendorong untuk ditemukanya dan diperkenalkannya produk-produk bermacam-macam makanan atau minuman maupun cemilan yang banyak mengandung khasiat,bergizi, memiliki manfaat positif yang besar bagi tubuh dan higienis. Seperti halnya minuman teh herbalkulit semangka yang menyehatkan adalah salah satu jenis minuman yang bakal diminati oleh para masyarakat dari segala kalangan. Selain dilihat dari manfaatnya, juga memiliki keunikan rasa, dan penampilan.

  1. Keunggulan Teh Herbal Kulit Semangka

Kelebihan dari kulit semangka yang akan diolah menjadi minuman yang menyehatkan ini adalah

              1. Memudahkan menyajikan khasiat-khasiat yang terkandung pada kulit semangka yang bermanfaat bagi Tubuh manusia dan membantu masalah kesehatan

              2. Bagian dari buah yang lebih banyak mengandung khasiatnya adalah bagian kulit semangka khususnya bagian yang berwarna putih, yang dapat membantu menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan menyegarkan tenggorokan.

              3. Memberikan nilai ekonomis yang tinggi dalam pemanfaatan limbah kulit semangka.

3. Keterkaitan Dengan Produk Lain Termasuk Perolehan Bahan Baku

Inovasi teh herbal kulit semangka ini terbuat dari bagian buah semangka yaitu bagian kulit yang dulunya disepelekan bahkan dibuang begitu saja dan sekarang inilah kami memunculkan inovasi baru untuk membuat teh herbal yang berbahan dasar limbah kulit semangka yang mudah untuk didapatkan dimana saja.

4. Peluang Pasar

Kami oktimis dengan produk yang kami hasilkan akan di sambut dan di terima secara positif oleh para konsumen. Banyaknya pasar yang akan menjadi target pemasaran produk yang kami buat maka kami akan memiliki peluang usaha yang besar dan membuat akan cepat berkembangnya usaha.

5. Media Promosi yang Digunakan

Untuk mendukung dan menunjang proses pemasaran produk kami, ada beberapa alternatif yang akan kami pilih untuk membantuk proses promosi pemasaran produk kami yaitu dengan menggunakan media cetak berupa panflet, spanduk, brosur, iklan dimedia masa, lewat penyuluhan dan lainnya.

6.Analsisis Pendapatan dan Keuangan

Produksi 1 minggu = 50 bungkus

Produksi 1 buan = 200 bungkus

Harga teh herbal kulit semangka yang ditawarkan kepada konsumen dengan harga Rp 5.000,00 perbungkus

Hasil Penjualan 1 bulan = 200 Rp. 5.000,00

= Rp. 1.000.000,00

Tota biaya Operasional selama 1 bulan = Rp. 856.567,678

Keuntungan tiap bulan adalah =Rp1.000.000,00 -Rp.856.567,678

= Rp. 143.433,32

BAB 3

METODE PELAKSANAN

Pelaksanaan program usaha pembuatan teh herbal kulit semangka terdiri dari lima tahap yaitu:



  1. Tahap Penataan ruang produksi

Penggunaan ruang produksi untuk memproduksi the herbal kulit semangka membutuhkan beberapa ruang pendukung. Seperti ruang persiapan bahan-bahan yang akan digunakan, ruang pengolahan, ruang pengemasan.

  1. Tahap persiapan alat dan bahan

    1. Peralatan yang digunakan, yaitu:

Untuk memproduksi teh herbalkulit semangka di perlukan peralatan-peralatan yang mendukung seperti pisau, tampah, plastik, blender, sendok makan, sendok the, kantong plastic, baskom, gelas minumantimbangan, dll.

    1. Bahan-bahan, yaitu:

  1. Buah semangka (kulit semangka)



  1. Tahap pembuata permen kulit semangka

Tahap pembuatan permen kulit semangka yaitu:

  • Siapkan bahan baku yaitu kulit semangka

  • Kemudian diiris tipis sepanjang 10cm

  • Setelah itu dicuci sampai bersih

  • Selanjutnya ditaruh dalam tampah sampai merata

  • Keringkan kulit semangka sampai benar-benar mengering

  • Kemudian dihaluskan menggunakan blander

  • Kemas dalam kantong teh, dan dipak dalam kardus

  1. Tahap Pemasaran

Setelah semua proses prosuksi pembuatan permen kulit semangka selesai, maka proses selanjutnya adalah dengan memasarkan hasil produksi ketarget pasar yang telah ditargetkan.

BAB 4.

BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAN


    1. Tabel Anggaran Biaya




NO

Jenis Pengeluaran

Biaya(Rp)

1.

Bahan habis pakai

Rp.400.000

2.

Peralatan penunjang

Rp.8.600.000

3.

Operasional kegiatan

Rp. 1.000.000

JUMLAH TOTAL

RP.10.000.000

4.2. Tabel Jadwal Kegiatan

Rincian jadwal kegiatan ini adalah sebagai berikut :



No

Kegiatan

Bulan

1

2

3

1

Perencanaan Produksi

XXXX







2

Persiapan dan pengadaan bahan

XXX

XXXX




3

Pelaksanaan produksi




XXXX

XXXX

4

Pemasaran




XXXX

XXXX

5

Penyusunan Laporan







XX

6

Penyerahan laporan akhir







XX


Yüklə 64,46 Kb.

Dostları ilə paylaş:




Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©azkurs.org 2022
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə